Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Mengenai Saya

Foto saya
K addick K for Kimbum K for Korea K for Kyaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Maraknya boy & girl band di Indonesia


Seperti yang kita ketahui, sekarang banyak sekali boy & girl band di dilayar kaca televisi Indonesia. Sebut saja Smash, 7 icons, cherrybelle, dragonboyz, hitz dan masih banyak lagi. Boy & girl band ini terinspirasikan dari boy & girl band dari korea. Di korea, boy & girl band merupakan trendsetter yang sedang naik daun saat ini. Contohnya dari cara berpakaian mereka saja banyak sekali yang mengikuti hingga ke Indonesia.  

Berawal dari smash dengan lagunya  I Heart You. Smash menghidupkan kembali boy band di Indonesia setelah lama dulu vacum seperti trio libel pada tahun 1990an. Beda nya smash beranggotakan 7 personil sedangkan trio libel 3 personil. Dengan ciri khas nya, Smash berhasil membius jutaan penduduk Indonesia yang menggila-gilainya. Trend yang smash tunjukkan seperti kata-kata “cenat-cenut”. Kini smash semakin digandrungi fans-fans nya terutama remaja putri.

Beralih ke 7 icons yang lebih menampilkan 7 karakter wanita yang berbeda-beda. 7 karakter itu seperti gadis-gadis yang  tomboy, cute, manis dan lain sebagainya. Dari karakter-karakter tersebut, mereka juga memiliki jenis suara yang berbeda-beda dan tidak kalah bagusnya. Dengan kualitas bernyanyinya, mereka juga menyajikan tarian-tarian untuk melengkapi setiap penampilan mereka.

Saking maraknya massa untuk smash & 7 icons, para komedian Indonesia membentuk sebuah grup yang disebut smosh atau 7 ikans. Mereka terdiri dari sule, azis gagap, nunung, opie kumis, adul, parto, dan andre taulani. Dengan gaya lawak masing-masing, mereka berhasil menghibur jutaan penduduk di Indonesia, karena banyak respon positif dari grup ini.

Jadi dengan adanya boy & girl band menambahkan variasi musik yang lebih maju baik di Indonesia maupun di Internasional. Semoga boy & girl band di Indonesia tidak hanya trend sesaat saja tapi bisa bertahan lebih lama dan membangkitkan musik dunia.

                                                Ditulis oleh  : Niken Octa Sylviana
                                                NPM            : 14210980
                                                Kelas           : 2EA11
                                               

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ISI HATI


                      
Jika ada satu kata untuk menggambarkan dirimu, pasti kukatakan.
Jika ada satu cara untuk selalu bersamamu, pasti kulakukan.
Kasih sayangmu buatku lebih menghargai akan arti hidup ini, menyayangi dan disayangi.
Tingkahmu selalu buat bibir ini tersenyum lebarnya.
Kelucuanmu hadirkan tawa disepanjang hariku.
Aku tak ingin munafikkan rasa ini,
          Jujur aku menyukaimu.
Ingin kurangkai perasaan ini menjadi SATU,
Satu untuk sayang, cuma sama kamu.
Satu untuk setia, karena tak ingin pindah ke lain hati.
Satu untuk takut, takut akan kehilangan kamu.
Semua jadi satu…. Hanya untukmu.
Tak ingin kukatakan aku mencintaimu, karena sesungguhnya aku sangat menyayangimu.
Taukah kamu akan bedanya cinta dan sayang ?
          cinta bagaikan angin, yang datang dan pergi disaat ingin saja.
Cinta itu beda tipis dengan benci, yang setelah benci bisa menjadi cinta,
dan setelah cinta bisa menjadi benci.
Oleh karena itu aku tak ingin mencintaimu dengan mudah, semudah benci itu bisa datang.
Tapi bagiku, sayang lebih abadi dibanding cinta.
          Aku menyayangimu dengan apa adanya kamu.
          Aku menyayangimu dengan tingkahmu yang lucu.
          Aku menyayangimu dengan caramu menyayangiku.
Jadi, aku ingin belajar lebih menyayangimu dibanding mencintaimu.

                                                          By : Niken Octa Sylviana
                                                          NPM : 14210980
                                                          Kelas : 2EA11

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tugas Koperasi Ekonomi Softskill


Bagaimana cara memajukan kopersi di Indonesia dari sisi Manajemen, SDM, Budaya dan sebagainya ?

Dari sisi Manajemen :
Manajemen koperasi harus diarahkan pada orientasi strategik dan gerakan koperasi harus memiliki manusia-manusia yang mampu menghimpun dan memobilisasikan berbagai sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang usaha. Oleh karena itu koperasi harus teliti dalam memilih pengurus maupun pengelola agar badan usaha yang didirikan akan berkembang dengan baik.

Dari sisi SDM :
Pendidikan dan peningkatan teknologi menjadi kunci untuk meningkatkan kekuatan koperasi (pengembangan SDM). Koperasi selain sebagai organisasi ekonomi juga merupakan organisasi pendidikan dan pada awalnya koperasi maju ditopang oleh tingkat pendidikan anggota yang memudahkan lahirnya kesadaran dan tanggung jawab bersama dalam sistem demokrasi dan tumbuhnya kontrol sosial yang menjadi syarat berlangsungnya pengawasan oleh anggota koperasi. Oleh karena itu kemajuan koperasi juga didasari oleh tingkat perkembangan pendidikan dari masyarakat dimana diperlukan koperasi. Pada saat ini masalah pendidikan bukan lagi hambatan karena rata-rata pendidikan penduduk dimana telah meningkat. Bahkan teknologi informasi telah turut mendidik masyarakat, meskipun juga ada dampak negatifnya.

Dari sisi Permodalan :
Kurang berkembangnya koperasi juga berkaitan sekali dengan kondisi modal keuangan badan usaha tersebut. Kendala modal itu bisa jadi karena kurang adanya dukungan modal yang kuat dan dalam atau bahkan sebaliknya terlalu tergantungnya modal dan sumber koperasi itu sendiri. Jadi untuk keluar dari masalah tersebut harus dilakukan melalui terobosan structural, maksudnya dilakukannya restrukturasi dalam penguasaan factor produksi, khususnya permodalan.

Dari sisi Ekonomi :
Skala usaha koperasi harus layak secara ekonomi.
Didaratan Eropa koperasi tumbuh melalui koperasi kredit dan koperasi konsumen yang kuat hingga disegani oleh berbagai kekuatan. Bahkan 2 (dua) bank terbesar di Eropa milik koperasi yakni "Credit Agricole" di Perancis, RABO-Bank di Netherlands Nurinchukin bank di Jepang dan lain-lain. Disamping itu hampir di setiap negara menunjukkan adanya koperasi kredit yang kuat seperti Credit Union di Amerika Utara dan lain-lain. Kredit sebagai kebutuhan universal bagi umat manusia terlepas dari kedudukannya sebagai produsen maupun konsumen dan penerima penghasilan tetap atau bukan adalah "potensial customer-member" dari koperasi kredit.

Dari sisi kebutuhan masyarakat :
                        Harus memiliki cakupan kegiatan yang menjangkau kebutuhan masyarakat luas, kredit (simpan pinjam) dapat menjadi platform dasar menumbuhkan koperasi.
                        Di manapun baik di negara berkembang maupun di negara maju kita selalu disuguhkan contoh koperasi yang berhasil, namun ada kesamaan universal yaitu koperasi peternak sapi perah dan koperasi produsen susu, selalu menjadi contoh sukses dimana-mana. Secara spesial terdapat  contoh yang lain seperti produsen gandum di daratan Australia, produsen kedele di Amerika Utara dan Selatan hingga petani tebu di India yang menyamai kartel produsen. Keberhasilan universal koperasi produsen susu, baik besar maupun kecil, di negara maju dan berkembang nampaknya terletak pada keserasian struktur pasar dengan kehadiran koperasi, dengan demikian koperasi terbukti merupakan kerjasama pasar yang tangguh untuk menghadapi ketidakadilan pasar. Corak ketergantungan yang tinggi kegiatan produksi yang teratur dan kontinyu menjadikan hubungan antara anggota dan koperasi sangat kukuh.

  Dari sisi Produsen :
Posisi koperasi produsen yang menghadapi dilema bilateral monopoli   menjadi akar memperkuat posisi tawar koperasi.
Di negara berkembang, termasuk Indonesia, transparansi struktural tidak berjalan seperti yang dialami oleh negara industri di Barat, upah buruh di pedesaan secara rill telah naik ketika pengangguran meluas sehingga terjadi Lompatan ke sektor jasa terutama sektor usaha mikro dan informal (Oshima, 1982). Oleh karena itu kita memiliki kelompok penyedia jasa terutama disektor perdagangan seperti warung dan pedagang pasar yang jumlahnya mencapai lebih dari 6 juta unit dan setiap hari memerlukan barang dagangan. Potensi sektor ini cukup besar, tetapi belum ada referensi dari pengalaman dunia. Koperasi yang berhasil di bidang ritel di dunia adalah sistem pengadaan dan distribusi barang terutama di negara-negara berkembang “user” atau anggotanya adalah para pedagang kecil sehingga model ini harus dikembangkan sendiri oleh negara berkembang.

Disunting oleh : Niken Octa Sylviana
NPM               : 14210980
Kelas               : 2EA11

Referensi
www.google.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mengapa koperasi di Indonesia sulit berkembang ?



Koperasi di Indonesia diperkirakan sulit berkembang dan kalah bersaing dengan pelaku usaha perorangan akibat pembatasan bisnis koperasi untuk menjual komoditas publik. Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Jabar Wawan Hernawanmengatakan, lambatnya pertumbuhan koperasi di Indonesia akibat pembatasan bisnis koperasi. Koperasi tidak diperkenankan menjua lkomoditas publik seperti beras, gula, pupuk, dan lainnya. Padahal, bisnis pada sektor tersebut mampu mendongkrak roda bisnis koperasi.

Selain itu fenomena empiris bahwa koperasi Indonesia jika dibandingkan dengan praktik-praktik koperasi di berbagai Negara industri maju yang menganut sistem ekonomi liberal dan kapitalistik dinilai oleh banyak kalangan masih jauh tertinggal, jalan ditempat dan cenderung tidak mau beranjak dari ketergantungan pada bantuan pemerintah, sementara organisasi koperasi di sejumlah negara maju tersebut baik di Eropa, Amerika, Canada dan beberapa negara Asia lainnya mampu bertahan, tumbuh dan berkembang seiring dengan perubahan lingkungan bisnis global yang terjadi.

Perubahan lingkungan bisnis global mendorong organisasi bisnis untuk menerapkan disiplin ilmu manajemen modern yang harus mereformulasi strategi, struktur, dan alokasi sumber daya organisasi kearah yang lebih inovatif guna menciptakan keunggulan kompetitif di pasar. Dilihat dari perspektif ini praktek manajemen yang ada di koperasi saat ini sudah jauh tertinggal dan menjadi tidak relevan dengan tuntutan perubahan.

 Koperasi Indonesia tidak berkembang disebabkan oleh kelemahan proses manajemen yang fundamental terletak pada proses perencanaan yang tidak menggunakan kaidah kaidah perencanaan yang baik dan benar. Sebagian besar koperasi hanya berorientasi jangka pendek yang sempit, masih belum mampu menyusun rencana jangka panjang untuk mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis.
 Kondisi ini secara simultan mempengaruhi proses pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Kondisi ini menyebabkan bisnis koperasi kebanyakan gagal memberikan manfaat ekonomi yang lebih baik bagi para anggotanya dibandingkan dengan badan usaha lainnya (non koperasi), usaha koperasi bayak yang tidak sesuai dengan kepentingan anggotanya, koperasi hanya menjalankan fungsi dagang, tidak menciptakan nilai tambah, dikelola dengan tidak efisien.  Kondisi masyarakat indonesia dewasa ini sudah semakin realistik dan rasional akan mencari kelembagaan ekonomi yang mampu memberikan manfaat ekonomi dan sosial lebih baik.

Melihat kondisi yang ada, dimana pada umumnya koperasi yang tidak mampu memberikan manfaat kepada anggotanya dipastikan tidak memiliki prospek untuk berkembang. Hanya beberapa jenis koperasi seperti koperasi simpan pinjam, koperasi kredit dan koperasi peternakan dalam beberapa tahun ke depan akan bertahan hidup. Proses pengembangan koperasi baik di tataran mikro (koperasi sebagai entitas bisnis) maupun makro (kebijakan pemerintah) pada umumnya tidak sejalan dengan teori manajemen bisnis. Hanya sedikit koperasi Indonesia yang menerapkan teori manajemen bisnis dengan baik, mereka usahanya berkembang dan memiliki daya tahan terhadap tekanan persaingan. Koperasi yang dimaksud pada umumnya adalah koperasi simpan pinjam (singgle purpose) dan koperasi peternakan (singgle commodity multi purpose).

Dari sudut kebijakan makro, berkembangnya bisnis simpan pinjam koperasi tidak terlepas dari ketatnya regulasi dan pembinaan pemerintah melalui penilaian kesehatan, dan standarisasi sistim pengelolaan. Untuk sementara koperasi sudah mulai ditinggalkan masyarakat karena tidak mampu menghantarkan nilai dan manfaat ekonomi bagi anggotanya dan atau masyarakat yang lebih baik dibandingkan dengan para pesaingnya.

Perkembangan koperasi sebenarnya memerlukan kondisi sistem ekonomi yang memihak pada ”si miskin”, sehingga ada ruang gerak bagi pengembangan kegiatan koperasi. Tetapi strategi pembangunan kita lebih berorientasi pada pertumbuhan yang tinggi, secara tidak langsung ia memihak pada yang kuat karena peranannya sangat besar bagi per-tumbuhan. Sebagai contoh, lihat saja UU Sumber Daya Air dan UU Pertambangan di Kawasan Hutan. Dua UU ini lebih mengutamakan prinsip kapitalisme ketimbang kemakmuran rakyat. Inilah yang mungkin membuat koperasi sulit berkembang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS